Selamat Datang di Website Resmi Kabupaten Nias Barat

picture

Informasi Mengenai Kabupaten Nias Barat -  Anda dapat memperoleh informasi terbaru mengenai Kabupaten Nias Barat melalui website ini

picture

Perekonomian Masyarakat Kabupaten Nias Barat -  Kemajuan-kemajuan yang telah di capai oleh Kabupaten Nias Barat dari segi Sosial Ekonomi

picture

Pengaduan Masyarakat -  Anda memiliki pengaduan kepada pemerintah kabupaten Nias Barat ? Silahkan kirimkan pengaduan anda disini

Login Email

username

password


pengisian username lengkap dengan domain misalnya info@niasbaratkab.go.id

Statistik Pengunjung

IP anda adalah:
54.80.131.187

Pengunjung Ke:
153,488,467

Home » Berita Terkini

Sabtu, 17 September 2016

BUPATI NIAS BARAT FADUHUSI DAELY, S.Pd dan WAKIL BUPATI NIAS BARAT KHENOKI WARUWU - TURUT HADIR PADA ACARA PEMBUKAAN PESTA YA`AHOWU ONO NIHA, DI LAPANGAN ORURUSA TELUKDALAM

Sabtu (17/09), Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd dan Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu - turut hadir pada acara pembukaan pesta Ya`ahowu Ono Niha, di lapangan Orurusa Teluk Dalam – Nisel, bersama kepala daerah Se-Kepulauan Nias, Ketua dan Pengurus HIMNI Se-Indonesia, Pimpinan/Anggota DPRD Se-Kepnis, SKPD Se-Kepnis Para Tokoh / sesepuh pulau nias dan yang paling membanggakan adalah kehadiran dua orang menteri RI yakni Menko Bid.Kemaritiman RI (Luhut Binsar Panjaitan) & Menkumham RI (dr. Yasona H Laoli).

Sesuai Peraturan Pemerintah No 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional mulai tahun 2010-2025 dimana telah ditetapkan 85 kawasan strategis pengembangan Pariwisata, salah satu diantaranya adalah Kepulauan Nias.

Hal itu, dikatakan Ketua Umum Panitia Pesta Ya`ahowu Dr. Hilarius Duha sekaligus sebagai Bupati Nisel dalam penyampaian laporannya pada acara pembukaan Pesta Ya`ahowu Ono Niha dilapangan Orurusa Telukdalam-Nisel.

Lebih lanjut di katakan beliau bahwa penyelenggaraan event Pesta Yaahowu kali ini, diharapkan bisa menjadi daya tarik untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Pulau Nias, baik wisatawan nusantara maupun manca negara.

Sambutan dari tokoh masyarakat yg disampaikan Ketua Umum Himpunan Masyarakat Nias (HIMNI) Marinus Gea, SE.,M.Ak bahwa "Makna Salam Ya`ahowu Ono Niha sesungguhnya adalah berkat". Artinya, kalau kita saling memberkati, maka Pulau Nias akan terberkati, ucap Anggota DPR RI dari fraksi PDIP tersebut.

Lebih lanjut dikatakan Marinus Gea bahwa ucapan "Ya`ahowu" adalah bagian dari kegiatan Pariwisata Kepulauan Nias. Antusias masyarakat pada perhelatan akbar kali ini sungguh luar biasa yang dihadiri lebih 10.000 ribu org. Dan ini merupakan awal kebangkitan pariwisata Kepulauan Nias, kata Marinus.

Pesta Ya`ahowu sudah di lakukan sejak 1980-an, namun dalam beberapa tahun, macet dan barulah kembali di bangkitkan seiring dengan agenda "Launching Nias Pulau Impian yg penetapannya tanggal 2-3 Juni di Kantor Kementrian Pariwisata RI di Jakarta. Harapan kita bahwa melalui event ini, marilah kita masyarakat Pulau Nias bangkit berbenah dan menyongsong perubahan dan kemajuan yang lebih baik, ujar Ketum HIMNI tersebut.

Arahan Menko Bid. Kemaritiman RI Luhut Binsar Panjaitan yang memulai statementnya terhadap apresiasi khusus kepada Menkumham RI Dr.Yasona H. Laoli sebagai menteri pertama dari Pulau Nias. Ini buktinya kalau Masyarakat Nias hebat-hebat, kata Luhut.

Lebih lanjut dikatakan Plt. Mentri ESDM itu bahwa potensi Pulau Nias sangat baik untuk pengembangan Pariwisata. Menurut beliau bahwa sektor Pariwisata merupakan sumber penerimaan negara terbesar.

Pemerintah Pusat mempunyai target penting buat Pulau Nias yaitu pengembangan bidang pariwisata melalui pembangunan Infrastruktur, Airport, Listrik dan lain sebagainya. Dan ini bukan wacana, bahkan sudah mulai dilakukan tahapannya, ujar Menko Maritim.

Pemerintah pusat juga siap mendukung setiap kebijakan dari Pemda, jika itu bertujuan terakomodirnya kepentingan masyarakat. Bekerja keras dan jangan mau di kasihani, tetapi tunjukkan bahwa anda bisa. Jangan malu dengan pekerjaan orang tua bila hahya nelayan, supir bus dan petani karena itu adalah pekerjaan halal, tetapi malu jika orangtua anda pencuri, kata Luhut mengakhiri.

Akhirnya Acara Pembukaan Pesta Yaahowu Ono Niha dibuka secara resmi dengan ditandai pemukulan gong oleh Menko Bid. Kemaritiman.

Acara ini dirangkai dengan pertunjukkan sanggar budaya dari masing-masing Kab/Kota se Kepulauan Nias, dan puji Tuhan pertunjukkan sanggar budaya dari Nias Barat sangat memukau dan berkesan.

Berita Terkini List:

Pages:  1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 8 - 9 - 10 - 11 - 12 - 13 - 14 - 15 - 16 - 17