Selamat Datang di Website Resmi Kabupaten Nias Barat

picture

Informasi Mengenai Kabupaten Nias Barat -  Anda dapat memperoleh informasi terbaru mengenai Kabupaten Nias Barat melalui website ini

picture

Perekonomian Masyarakat Kabupaten Nias Barat -  Kemajuan-kemajuan yang telah di capai oleh Kabupaten Nias Barat dari segi Sosial Ekonomi

picture

Pengaduan Masyarakat -  Anda memiliki pengaduan kepada pemerintah kabupaten Nias Barat ? Silahkan kirimkan pengaduan anda disini

Login Email

username

password


pengisian username lengkap dengan domain misalnya info@niasbaratkab.go.id

Statistik Pengunjung

IP anda adalah:
54.226.132.197

Pengunjung Ke:
153,808,698

Home » Berita Terkini

Senin, 26 September 2016

GALERI BOLA NAFO KABUPATEN NIAS BARAT

Dalam rangka menyelesaikan tugas Diklat PIM III di Badan Diklat Provinsi Sumatra Utara, Kepala Bidang Kebudayaan Pada Dinas Pendidikan Kab. Nias Barat (Dameria Zebua, S.Pd) mengangkat judul dari Proyek Perubahannya tentang pelestarian Budaya daerah yakni GALERI  BOLA NAFO. Bola Nafo terdiri dari dua suku kata yaitu Bola dan Afo, Bola identik dengan pengertian tempat, sedangkan Afo adalah lima ramuan dari tawuo (daun sirih), betua (kapur), gambe (daun gambir), bago (tembakau), dan fino (buah Pinang). Kelima unsur ramuan Afo dihimpun dan disusun dengan rapi di dalam wadah (bola), yang secara utuh disebut BOLA NAFO.

Menganyam wadah/Bola Nafo dilakukan oleh pengrajin tradisional yang umumnya adalah Perempuan/ibu yang jumlahnya tinggal sedikit bahkan hampir punah. Bahan baku Sinasa/pandan berduri sudah mulai langka. Apabila hal ini dibiarkan maka suatu saat Bola Nafo ini akan punah.

Terkait hal tersebut diatas Dinas Pendidikan melalui  Kepala Bidang Kebudayaan Kab. Nias Barat merasa terpanggil untuk menggagas ide memunculkan kepermukaan tentang pelestarian  Budaya dari Nenek moyang, dengan menyesuaikan perkembangan teknologi informasi untuk memperkenalkan kepada masyarakat terutama generasi muda tentang bahan baku anyaman bola nafo, cara pengambilan, proses pengolahan hingga tahapan penganyaman bola nafo melalui rekaman yang di publikasikan melalui CD, Website Nias Barat, Facebook, Youtube, dll.

Adapun tahapan pengambilan, pengolahan dan penganyaman tumbuhan daun pandan berduri, sebagai berikut :

 

  1. Pengambilan Sinasa(daun pandan berduri)
  2. Membersihkan daun pandan berduri(duri bagian punggung dan pinggir).
  3. Memotong ujung ke ujung daun pandan berduri.
  4. Menumbuk daun Pandan berduri
  5. Membelah daun Pandan berduri sesuai ukuran yang diinginkan.
  6. Merebus daun Pandan berduri.
  7. Merendam daun pandan berduri di air mengalir.
  8. Menjemur daun pandan berduri sampai kering di panas matahari.
  9. Memberi warna.
  10. Menjemur daun pandan yang sudah diwarnai sampai kering.
  11. Melembutkan (lasinga) daun pandan supaya mudah saat penganyaman
  12. Dianyam oleh pengrajin menjadi Bola Nafo.

 

Bola Nafo adalah warisan Budaya, tentu ini juga merupakan simbol kreatifitas perempuan Nias Barat yang akan kita pertahankan kelestariannya, kalau bukan mulai dari kita siapa lagi yang mempertahankan pelestarian budaya leluhur kita? Harapan Penulis agar pemerintah dan masyarakat dapat bergandeng tangan untuk kelanjutan proses, mulai dari budi daya tanaman pandan berduri dan mau belajar menganyam Bola Nafo, baik melalui sanggar seni maupun kelompok ketrampilan di seluruh wilayah Kab. Nias Barat.

Menjadi kebanggaan tersendiri apabila budaya ini mampu menjadi “ikon” serta simbol kehormatan bagi masyarakat Pulau Nias. Saat launching Galeri Bola Nafo digelar tertanggal 14 September 2016 di Aula Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat, Bupati Nias Barat selaku pemegang otoritas akhir kebijakan program pemerintah, memerintahkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Barat, untuk mencatat Galeri Bola Nafo sebagai program prioritas dalam pengembangan lanjutan dikalangan pengerajin dan akan di lomba pada perayaan Pesta Yaahowu tanggal 29-30 Oktober 2016 di Pantai Sirombu Kabupaten Nias Barat. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi tentang Bola Nafo maka dapat mengunjungi Galeri Bola Nafo yang bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Barat.

Dalam hal ini, patut diapresiasi serta diucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada Bupati Nias Barat (Faduhusi Daely, S.Pd) yang telah melaunching GALERI BOLA NAFO Kabupaten Nias Barat serta menjadikan Galeri Bola Nafo sebagai Ikon daerah. Karya cipta ini perlu dilindungi, dihargai dan dikembangkan agar pelestarian budaya yang telah digagas tidak sirna begitu saja. Bola Nafo adalah dari, oleh dan untuk Ono Niha (masyarakat Nias).

Nias Barat Berdaya “YAAHOWU”

Berita Terkini List:

Pages:  1 - 2 - 3 - 4 - 5 - 6 - 7 - 8 - 9 - 10 - 11 - 12 - 13 - 14 - 15 - 16 - 17 - 18