Bupati Nias Barat Ajak Semua Pihak Berperan Aktif Sukseskan Program Pembangunan Daerah

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu saat menyampaikan Arahan pada Musrenbang RKPD Kabupaten Nias Barat Tahun 2022 di Tokosa Hall, Kamis (17/3/2022)

Lahomi (17/03/2022), Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengajak perangkat daerah dan seluruh pemangku kepentingan berperan aktif mewujudkan rencana program dan kegiatan pembangunan daerah  yang sedang dirancang agar bermanfaat dan menyetuh langsung kepentingan masyarakat banyak. Hal tersebut Ia sampaikan pada saat membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun 2023 yang dilaksanakan di Tokosa Hall, Kamis (17/3/2022).

Bupati Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa tantangan pembangunan ke depan tidak lah mudah, apalagi kondisi saat ini, dimana pemerintah mulai dari pusat sampai ke daerah, sedang melakukan berbagai upaya penanganan dampak pandemi Covid-19.

“Tanggungjawab kita ke depan dalam membangun Kabupaten Nias Barat tidak mudah, penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih harus terus ditingkatkan, mulai dari proses perencanaan pembangunan yang berkualitas, pelaksanaan pembangunan yang efektif dan efesien disertai dengan pengawasan yang pada akhirnya dapat mewujudkan Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju”, ujar Bupati Nias Barat.

Oleh karena itu, Bupati Khenoki berharap kepada peserta Musrenbang, pemangku kepentingan dan para pelaku pembangunan yang hadir pada pelaksanaan Musrenbang supaya berperan aktif memberikan kontribusi pemikiran yang positif sehingga semua program dan kegiatan pembangunan daerah yang sedang dirancang mampu menyentuh langsung kepentingan masyarakat.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan agar penyusunan program kegiatan disesuaikan dengan kewenangan daerah dan program yang merupakan kewenangan Provinsi dan Pusat agar segera dikoordinasikan.

“Saya mengingatkan para kepala perangkat daerah agar dalam penyusunan program dan kegiatan disesuaikan dengan kewenangan daerah dan kegiatan yang menjadi kewenangan Provinsi dan Pusat supaya segera dikoordinasikan dengan Kementerian dan Lembaga terkait,”tegasnya.

Adapun tema RKPD Tahun 2023 yaitu “Pemulihan Ekonomi melalui Peningkatan Infrastruktur dan Kualitas Sumber Daya Manusia menuju Nias Barat Bersih, Unggul dan Maju”. Tema pembangunan ini diharapkan menjadi acuan bagi perangkat daerah dan stakeholders dalam merencanakan program dan kegiatan pembangunan Tahun 2023 mendatang sehingga mampu menjawab isu-isu strategis dan permasalahan pembangunan di Kabupaten Nias Barat.

Pada kesempatan itu juga, Bupati menguraikan beberapa keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan daerah yang telah dicapai, tanpa mengabaikan beberapa kendala dan kekurangan yang dihadapi.

Pada bidang infrastruktur telah dilakukan beberapa kegiatan diantaranya pembangunan infrastruktur yang menghubungkan Ibu Kota Kabupaten dengan Kecamatan, pembangunan Tower Telekomunikasi untuk memperluas jangkauan jaringan.

Kemudian pada sektor ekonomi, pemerintah terus melakukan pembenahan melalui penyediaan sarana dan prasarana pendukung pergerakan ekonomi, dan penyediaan sarana prasarana dalam rangka peningkatan produksi sektor pertanian, perikanan dan peternakan serta pembinaan dan peningkatan minat pelaku usaha ekonomi kreatif dan pada sektor pariwisata dilakukan melalui kegiatan pembenahan destinasi.

Pada bidang sosial juga telah terlaksana berbagai kegiatan yang langsung menyentuh masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu dan berpenghasilan rendah, diantaranya Layanan Ambulance Gratis 24 Jam, pemberian santunan bagi keluarga duka dan pembangunan rumah tidak layak huni. Kemudian dalam rangka peningkatan aksesbilitas pelayanan di bidang Pendidikan dan Kesehatan, pemerintah secara bertahap dan berkelanjutan meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana. sedangkan pada bidang Pemerintahan, difokuskan pada peningkatan kinerja pemerintah daerah yang baik, bersih dan transparan.

Sebelum mengakhiri arahannya, Bupati Nias Barat menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Musrenbang dan kepada pimpinan DPRD serta narasumber yang menyampaikan paparan pada Musrenbang RKPD Tahun 2023.

“Terima kasih atas segala dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak, para pimpinan dan Anggota DPRD dan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Nias Barat. Kami menyadari, disamping keberhasilan yang telah dicapai, terdapat hal-hal yang perlu terus ditingkatkan dan disempurnakan baik dari sisi kebijakan, program maupun kegiatan hingga pada implementasi pelaksanaan di lapangan. Kita yakin dengan semangat kebersamaan dan persatuan, semua kendala dan tantangan dapat diatasi dengan baik,”kata Bupati dengan penuh rasa optimis.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.