Disparbudpora Nias Barat Juara I Stand Terbaik Pada Pameran Indonesian Toursim and Trade Investment Expo 2022

Plakat Juara I Stand Terbaik Indonesian Tourism and Trade Investment Expo yang diraih Disparbudpora Nias Barat

Lahomi (14/11/2022), Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat meraih penghargaan sebagai Juara I stand terbaik pada pelaksanaan Pameran Indonesian Tourism and Trade Investment Expo di Bali yang diselenggarakan oleh PT. Furindo Artha Mas dari tanggal 10-13 November 2021 di Level 21 Mall, Denpasar, Bali.

Penetapan kejuaraan stand terbaik pada penyelenggaraan expo dimaksud, berpedoman pada beberapa indikator, di antaranya antusiasme pengunjung stand, produk-produk UMKM yang dipamerkan dan kerapian stand.

Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si., dalam keterangan tertulis yang diterima Tim Liputan dan Publikasi Pemkab Nias Barat menjelaskan bahwa pelaksanaan Expo tersebut bertujuan sebagai sarana pameran peluang investasi di berbagai sektor yang menampilkan produk dan jasa unggulan yang diikuti oleh dinas terkait di seluruh Indonesia, perusahaan BUMN, UMKM dan lainnya.

Manfaat yang didapatkan dengan mengikuti Expo dimaksud, yaitu terbukanya peluang investasi dan kerjasama di berbagai sektor, pemberdayaan peningkatan ekonomi, talkshow dan presentasi produk lokal supaya semakin dikenal luas. Terdapat 23 stand berpartisipasi pada Expo dimaksud.

Pada expo tersebut, dipamerkan beberapa barang-barang yang merupakan produk UMKM lokal di Kabupaten Nias Barat di antaranya kerajinan tangan pahatan, anyaman bola nafo, tas anyaman, tikar anyaman, anting anyaman, rompi adat, pakaian adat, berbagai macam kuliner seperti keripiki, viva, sakoa dan VCO.

Plt. Kadis Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga menginformasikan bahwa acara pembukaan pameran dilaksanakan pada tanggal 10 November 2022, dihadiri oleh Kadis pariwisata Provinsi Bali, Direktur PT Furindo Artha Mas dan pejabat yang mewakili setiap provinsi, kabupaten/kota serta para pelaku UMKM.

Dari Kabupaten Nias Barat dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Nias Barat, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat, Kepala Bidang, dan rombongan staf dan beberapa kepala desa wisata Nias Barat.

Para pengunjung stand begitu antusias mengunjungi stand Disaprbudpora Kabupaten Nias Barat. Hal ini terbukti dengan banyak pengunjung yang bertanya tentang produk produk lokal UMKM Nias Barat seperti anyaman. Beberapa pelaku usaha desain interior yang memiliki usaha di Bali menyatakan ketertarikan pada beberapa produk anyaman yang dipamerkan. Mereka menunjukkan niat menjalin kerjasama dengan pengrajin anyaman yang ada di Nias Barat.

April Imelda Juita Hia, S.Pd. M.Si selaku Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Nias Barat saat bincang-bincang pengenalan produk stand menjelaskan setiap barang-barang expo serta potensi pariwisata Kabupaten Nias Barat di hadapan Kadis Pariwisata Provinsi Bali beserta tamu saat berkunjung ke Stand Nias Barat.

April Imelda Juita Hia, S.Pd.M.Si menyambut baik penghargaan yang diperoleh dan berharap dapat menindaklanjuti kerjasama dengan beberapa pelaku usaha/investor yang ingin bekerjasama dengan UMKM lokal Nias Barat.

“Sudah ada beberapa orang yang meninggalkan nomor kontak dan ingin menjalin kerjasama dengan pelaku UMKM di Nias Barat. Kita akan bangun komunikasi dan mudah-mudahan berlanjut dengan kerjasama yang memberikan manfaat bagi pelaku UMKM lokal Nias Barat,” tandas April Imelda Juita Hia.

Ia berharap kiranya pada event-event expo mendatang semakin banyak variasi produk UMKM yang diperkenalkan.

Selain berpartisipasi dalam kegiatan expo, tim Disparbudpora bersama beberapa kepala desa wisata melakukan kunjungan koordinasi di Dinas Pariwisata Badung, Dinas Kebudayaan Denpasar, Desa Wisata Penglipuran serta kunjungan ke beberapa daerah tujuan wisata yang ada di Kabupaten Badung.

 

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.