Hari Ketiga Pelaksanaan Festival Pesona Aekhula, Antusiasme Masyarakat Semakin Meningkat

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu ikut memancing pada lomba mancing mania Festival Pesona Aekhula, Senin (20/6/2022)

Lahomi (20/6/2022), Memasuki hari ketiga pelaksanaan Kharisma Event Nusantara Festival Pesona Aekhula, antusiasme masyarakat menyaksikan setiap kegiatan yang dilombakan semakin meningkat.

Berdasarkan pantauan langsung Tim Media Center di dua lokasi pelaksanaan kegiatan, lapangan bola kaki Tetesua dan kolam pemancingan di Desa Tugalagawu, ribuan pengunjung dan peserta kegiatan memenuhi kedua lokasi pelaksanaan kegiatan.

Pada hari ketiga Festival Pesona Aekhula yang dimulai pada pukul 10.00 WIB diisi dengan beberapa kegiatan, yaitu lanjutan kegiatan bazar dan kunjungan stan, lanjutan festival kerajinan tangan, festival kuliner dan penampilan sanggal budaya. Sedangkan pada pukul 13.00 WIB di Desa Tugalagawu dilaksanakan lomba mancing mania.

Dari hasil pantauan di lapangan, kegiatan mancing mania cukup meriah. Sejumlah kalangan dari barbagai daerah di pulau Nias ikut berpartisipasi, bahkan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Wakil Bupati Era Era Hia dan Sekda Fakhili Gulo masing-masing didampingi istri, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Pimpinan OPD dan pejabat administrator,  ikut ambil bagian memeriahkan lomba mancing mania tersebut.

Herman Zendrato, S.Pi., Kabid Ekonomi Kreatif, Pemasaran dan Kelembagaan Pariwisata Disparbudpora, melaporkan bahwa pelaksanaan lomba mancing mania pada Festival Pesona Aekhula bertujuan untuk mendorong munculnya daya tarik wisata baru minat khusus  dan menjadi saranya untuk menyalurkan hobi memancing.

Kemudian, lanjut Herman, peserta mancing mania berjumlah 500 orang yang dibagi dalam dua kategori yaitu kategori, yaitu kategori memancing pakai joran dan katogori memancing tradisional menggunakan bambu.

Sementara itu, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dalam arahannya mengatakan bahwa pelaksanaan mancing mania di Desa Tugalagawu merupakan salah satu rangkaian kegiatan pada Festival Pesona Aekhula. Ia kemudian mengajak masyarakat Nias Barat yang hadir pada lomba mancing mania, untuk menyaksikan acara puncak Festival Pesona Aekhula yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tanggal 22 Juni 2022

“Mari berbondong-bondong menyaksikan acara puncak Festival Pesona Aekhula yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di lapangan bola kaki Tetesua Sirombu”, ajak Bupati Nias Barat.

Pantauan Tim di lokasi kegiatan, pelaksanaan lomba dilaksanakan pada tiga kolam pemancingan, masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk memancing selama 30 menit. Kejuaraan ditentukan berdasarkan berat ikan yang ditangkap dibagi dalam dua kategori kejuaraan, yaitu kategori menggunakan alat pancing joran dan kategori alat tradisional menggunakan bambu.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.