MONITORING DAN EVALUASI PENANGANAN 3 DESA BERMASALAH DI KECAMATAN MANDREHE UTARA

 

MANDREHE UTARA – Bupati Nias Barat berserta Tim, monitoring dan evaluasi penanganan 3 desa bermasalah di Kecamatan Mandrehe Utara.

Bertempat di Kantor Camat Mandrehe Utara, Rabu (14/07/2021).Dihadiri Bupati Nias Barat, Camat Mandrehe Utara, Sekretaris Inspektur, Kabid Penataan Kerjasama dan Administrasi Pemerintah Desa Dinas PMD, Kasubbag Dokumentasi dan Informasi Hukum pada Bagian Hukum Sekretariat Daerah, Kasi Lembaga Kemasyarakatan Desa pada Dinas PMD, Staf (Dinas PMD, BPKPAD dan Kecamatan Mandrehe Utara), Kepala Desa Ononamolo I, Kepala Desa Ononamolo II, Kepala Desa Taraha, BPD dan para Tokoh.Dalam arahannya, Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menyampaikan….
24 desa yang sudah masuk catatan PMD ini tidak semua karena sudah korupsi, ada juga karena masalah administrasi. Jadi, kami datang disini untuk mengambil solusi bukan apa-apa. Apabila bapak Kepala Desa sudah transparan kepada masyarakat tentang keuangan desa maka dapat dipastikan peluang terjadinya masalah akan semakin kecil. Mari membangun daerah ini dengan hati yang tulus.

Pada kesempatan, Camat Mandrehe Utara Fatiso Zai, S.Pd., menyampaikan…. Kedatangan Bupati di Kecamatan Mandrehe Utara merupakan bukti bahwa pimpinan baru ini betul-betul peduli terhadap masyarakat, Ia tidak mau masyarakatnya berlama-lama menghadapi persoalan.Adapun hasil evaluasi, yaitu:

Desa Ononamolo I:

  1. Untuk Desa Ononamolo I. Permasalahan yang telah dilaporkan tentang pengelolaan Dana Desa T.A 2019 menunggu hasih pemeriksaan dari Inspektorat Kabupaten Nias Barat dan Kepala Desa Ononamolo I bertanggung jawab penuh dengan mengembalikan kerugian Negara apabila dkemudian hari terdapat temuan dari Inspektorat.

Desa Ononamolo II:

  1. Kepala Desa dan Bendahara Desa Ononamolo II siap untuk menyelesakan hal-hal berikut pertanggal 01 Agustus 2021:
  • Harga Batu dibayarkan kepada masyarakat;
  • HOK masyarakat dibayarkan;
  • Pejak yang temutang dilunasi;
  • Silpa T.A 2018 di setor ke RKUD.
  1. Pembangunan Fisik (lapangan futsal dan perkerasan jalan) termasuk administrasi realisasi dan pertanggungjawaban diselesaikan pertanggal 01 September 2021.
  2. Apabila tidak selesai pada tanggal yang telah ditetapkan, maka masalah dilimpahkan ke Aparat Penegak Hukum dan Kepala Desa dinonaktifkan dan akan di angkat Penjabat Sementara.

Desa Taraha:

  1. Inspektorat merumuskan Dokumen pertanggungjawaban tahun sebelumnya yang masih belum slap pada masa jabatan Kepala Desa Non Aktif a.n YUNIARO LAHAGU agar dilengkapi dan tidak menjadi kendala pencairan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa dengan tetap mempedomani ketentuan yang berlaku.
  2. Kantor Desa yang telah dibangun dan ditempati oleh oknum tertentu, melalui Inspektorat Kabupaten Nias Barat menyurati yang bersangkutan untuk dikembalikan/diserahkan kepada Pemerintah Desa Taraha dan dicatat sebagai Aset Desa Taraha.
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.