PELAKSANAAN FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENYUSUNAN RANCANGAN AWAL RPJMD KABUPATEN NIAS BARAT TAHUN 2021-2026

LAHOMI – Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era-Era Hia, MM., M.Si., pimpin Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026.

Bertempat di Ruang Afo Bappeda Kabupaten Nias Barat – Onolimbu, Jumat (21/05/2021).Dihadiri oleh Mantan Wakil Bupati Nias Barat pertama Bapak Hermit Hia sebagai Narasumber, Sekretaris Daerah Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si., Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan jajarannya.

Dalam arahan dan bimbingannya, Wakil Bupati Nias Barat menyampaikan….

FGD yang dilaksanakan mulai pada hari ini merupakan tahapan dalam penyusunan rancangan awal RPJMD sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017, untuk mengidentifikasi dan menyepakati permasalahan serta mempertajam penjabaran visi, misi, tujuan, sasaran, indikator dan program prioritas sesuai Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Pada pelaksanaan FGD ini, Wakil Bupati Nias Barat menekankan hal ini sebagaimana tertuang dalam Misi kami yang Pertama, yakni Membangun Sistem Manajemen Pemerintahan Daerah Yang Baik, Transparan, Profesional, dan Bersih Dari Suap / Korupsi, Kolusi dan Nepotisme dan Misi Ketiga, yaitu Meningkatkan Kualitas Pelayanan Diseluruh Aspek Kehidupan Masyarakat. Lebih lanjut kami sampaikan bahwa selain misi yang pertama dan ketiga, peningkatan kualitas pelayanan publik juga tercermin dalam Misi Kedua, yaitu Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Keuangan Daerah Serta Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Selanjutnya, selain efektivitas dan efisiensi Pengelolaan Keuangan Daerah, peningkatan PAD Kabupaten Nias Barat menjadi fokus utama dalam Misi Kedua. Salah satu Program Prioritas kami dalam upaya peningkatan PAD ini adalah dengan bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk memfasilitasi pengurusan Sertifikat Tanah bagi masyarakat sehingga Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)  menjadi salah satu sumber utama PAD Kabupaten Nias Barat, demikian halnya dengan rumah makan/resto/café, hotel penginapan  yang ada di Kabupaten Nias Barat.Dalam mewujudkan Visi Misi kami Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat, kami telah menjabarkannya menjadi 23 Program Prioritas. Selanjutnya 23 Program Prioritas tersebut dijabarkan ke dalam Program dan Sub Kegiatan dengan mempedomani Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 dengan memperhatikan isu-isu strategis, sasaran pembangunan dan indikator kinerja program/indikator kinerja daerah sebagai tolak ukur keberhasilan program. Melalui pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) saat ini, kita jadikan sebagai wadah dalam menyatukan pikiran, ide dan kesepakatan bersama dalam merumuskan tujuan, sasaran, indikator dan Program Prioritas pembangunan daerah per urusan pemerintahan yang selanjutnya menjadi bahan dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026.

Untuk lebih terarahnya Perencanaan Pembangunan Daerah, dalam RPJMD kita tetapkan Tema tahunan yang saling berkesinambungan sehingga menjadi acuan utama dalam penyusunan Dokumen RKPD tahunan. Selanjutnya dalam perumusan Program Prioritas ditetapkan dengan menggunakan sistem adu Matriks Program dan Sub Kegiatan yang sifatnya sangat penting, penting dan tidak penting dengan Program dan Sub Kegiatan yang sifatnya sangat mendesak, mendesak dan tidak mendesak, sehingga Program dan Sub Kegiatan yang sifatnya sangat penting dan sangat mendesak akan menjadi  program sangat prioritas dan begitu seterusnya. Hal ini tentu juga memudahkan dalam pengambilan kebijakan proses validasi Renja Perangkat Daerah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini,  kami menghimbau kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah untuk turut berpartisipasi dalam penyusunan RPJMD Kabupaten Nias Barat Tahun 2021-2026, salah satunya dengan menyusun Dokumen Renstra Perangkat Daerah, menyediakan data-data capaian indikator kinerja program yang diminta oleh Bappeda, yang selanjutnya digunakan sebagai bahan dalam penyusunan RPJMD dimaksud. Perlu kami ingatkan kepada kita semua bahwa perencanaan yang baik adalah kunci keberhasilan pembangunan daerah ke depannya. Untuk itu, mari bersama-sama berkomitmen untuk mewujudkan Nias Barat Bersih, Unggul dan Maju melalui Perencanaan RPJMD yang baik.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.