Kecamatan

Kecamatan

  1. Kecamatan dipimpin oleh seorang Camat yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah;
  2. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat;
  3. Sub Bagian-Sub Bagian masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris;
  4. Seksi-Seksi masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Camat;
  5. Kelompok Jabatan Fungsional dipimpin oleh seorang Tenaga Fungsional Senior sebagai Ketua Kelompok dan bertanggungjawab kepada Camat.

RINCIAN TUGAS DAN FUNGSI JABATAN DI LINGKUNGAN KECAMATAN

A. CAMAT

  1. Camat mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Kepala Daerah untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah di bidang pemerintahan, ketenteraman dan ketertiban umum, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta peningkatan pendapatan masyarakat.
  2. Camat dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi:
    a. mengoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
    b. mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
    c. mengoordinasikan penerapan dan penegakkan peraturan perundang-undangan;
    d. mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
    e. mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
    f. membina penyelenggaraan pemerintah desa dan kelurahan; dan
    g. melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan Pemerintah Desa atau Kelurahan.
  3. Rincian Tugas Camat:
    a. memimpin dan mengendalikan organisasi Kecamatan agar lebih berdaya guna dan berhasil guna;
    b. mengkoordinir penyusunan rencana strategis dan rencana kerja Kecamatan;
    c. memberikan petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
    d. mempelajari, menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis sesuai dengan bidang tugas;
    e. mengkoordinir sistem pengendalian intern dalam pelaksanaan tugas agar berjalan efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    f. mengkoordinir pengelolaan ketatausahaan kantor;
    g. mengkoordinir penyusunan kebijakan teknis dan melaksanakan urusan di bidang pemerintahan, ketenteraman dan ketertiban umum, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat serta peningkatan pendapatan masyarakat;
    h. mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat;
    i. mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
    j. mengoordinasikan penerapan dan penegakkan peraturan perundang-undangan;
    k. mengoordinasikan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
    l. mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
    m. mengkoordinir pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;
    n. mengkoordinir pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintahan desa atau kelurahan;
    o. menyelenggarakan pengawasan dan pengendalian teknis di bidang tata pemerintahan, pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan, ketenteraman dan ketertiban umum;
    p. mengkoordinir penyusunan laporan hasil pelaksanaan rencana strategis dan rencana kerja Kecamatan;
    q. mengkoordinir Laporan Keuangan SKPD dan LKjIP-SKPD;
    r. mengkoordinir penyiapan bahan penyusunan LKPJ, LPPD, ILPPD serta LKjIP Pemerintah Daerah;
    s. mengkoordinir penyusunan dan monitoring, evaluasi serta pelaporan atas pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);
    t. mengkoordinir percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayah kecamatan serta melaksanakan pelaporan atas pelaksanaan standar pelayanan minimal di wilayah kecamatan;
    u. menyelenggarakan koordinasi dan kerjasama dengan unit kerja terkait untuk mendukung pelaksanaan tugas;
    v. menyelenggarakan pembinaan kelompok jabatan fungsional;
    w. melaksanakan penyusunan indikator dan pengukuran kinerja Kecamatan;
    x. memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik;
    y. memberikan usul dan saran kepada atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
    z. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan aa. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati melalui Sekretaris Daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya.

B. SEKRETARIS KECAMATAN

  1. Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas membantu Camat dalam melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian penyelenggaraan tugas secara terpadu, pelayanan administrasi dan pelaksanaan di bidang perencanaan, evaluasi dan pelaporan, keuangan, umum dan kepegawaian.
  2. Sekretaris Kecamatan dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan fungsi:
    a. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian penyelenggaraan secara terpadu, pelayanan administrasi dan pelaksanaan di bidang perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
    b. pengoordinasian penyusunan usulan program dan kegiatan tahunan Kecamatan;
    c. pelaksanaan tata usaha, kepegawaian dan pengelolaan keuangan;
    d. pelaksanaan urusan perlengkapan dan rumah tangga; dan
    e. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  3. Rincian Tugas Sekretaris Kecamatan:
    a. menyusun dan melaksanakan rencana kerja Sekretariat berdasarkan rencana strategis dan rencana kerja Kecamatan;
    b. mengkoordinasikan penyusunan rencana strategis dan rencana kerja Kecamatan;
    c. memberi petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
    d. mempelajari, menelaah peraturan perundang-undangan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dengan bidang tugas;
    e. melaksanakan sistem pengendalian intern dalam pelaksanaan tugas agar berjalan efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    f. menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dalam pelaksanaan tugas;
    g. merumuskan kebijakan teknis, pembinaan dan pengkoordinasian penyelenggaraan urusan kesekretariatan;
    h. melaksanakan pengelolaan administrasi perencanaan, evaluasi dan pelaporan;
    i. melaksanakan pengelolaan administrasi keuangan, umum dan kepegawaian;
    j. melaksanakan koordinasi dan verifikasi laporan pelaksanaan rencana strategis dan rencana kerja SKPD;
    k. melaksanakan koordinasi dan verifikasi bahan penyusunan LKPJ, LPPD, ILPPD dan LKjIP Pemerintah Daerah;
    l. melaksanakan koordinasi dan verifikasi Laporan Keuangan SKPD dan LKjIP-SKPD;
    m. melaksanakan penyusunan indikator dan pengukuran kinerja Sekretariat;
    n. memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik;
    o. merencanakan dan mengusulkan kebutuhan jenis pendidikan dan pelatihan, calon peserta pendidikan dan pelatihan serta calon peserta ujian dinas pegawai;
    p. memberikan usul dan saran kepada atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas; q. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    r. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

B.1 KEPALA SUB BAGIAN PROGRAM

  1.  Kepala Sub Bagian Program mempunyai tugas membantu Sekretaris Kecamatan dalam melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian penyelenggaraan secara terpadu, pelayanan administrasi, dan pelaksanaan di bidang perencanaan, evaluasi dan pelaporan, meliputi: koordinasi perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan.
  2. Rincian Tugas Kepala Sub Bagian Program:
    a. menyusun dan melaksanakan rencana kerja Sub Bagian Program berdasarkan rencana kerja Sekretariat;
    b. memberi petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
    c. mempelajari, menelaah peraturan perundang- undangan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dengan bidang tugas;
    d. menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dalam pelaksanaan tugas;
    e. menghimpun, mengolah, menyajikan data dan informasi untuk menyusun rencana strategis, rencana kerja dan penetapan kinerja Sub Bagian;
    f. melaksanakan monitoring dan pengendalian pelaksanaan rencana strategis dan rencana kerja Sub Bagian guna evaluasi dan pelaporan;
    g. melaksanakan evaluasi dan analisis hasil kerja guna pengembangan rencana strategis dan rencana kerja Sub Bagian;
    h. menyiapkan dan membuat laporan hasil pelaksanaan rencana strategis dan/atau rencana kerja SKPD
    i. melaksanakan penyusunan LKjIP SKPD;
    j. menyiapkan bahan penyusunan LKjIP Pemerintah Daerah, LKPJ, LPPD dan ILPPD;
    k. melaksanakan penyiapan bahan penyusunan indikator dan pengukuran kinerja Sub Bagian;
    l. memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik;
    m. memberikan usul dan saran kepada atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
    n. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    o. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

B.2 KEPALA SUB BAGIAN UMUM

  1. Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas membantu Sekretaris Kecamatan dalam melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian penyelenggaraan secara terpadu, pelayanan administrasi, dan pelaksanaan di bidang umum dan kepegawaian, meliputi: pengelolaan administrasi kepegawaian, organisasi dan tatalaksana, ketatausahaan, rumah tangga dan perlengkapan di lingkungan Kantor.
  2. Rincian Tugas Kepala Sub Bagian Umum:
    a. menyusun dan melaksanakan rencana kerja Sub Bagian Umum berdasarkan rencana kerja Sekretariat;
    b. mempelajari, menelaah peraturan perundang- undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis sesuai dengan bidang tugas;
    c. menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dalam pelaksanaan tugas;
    d. mengelola administrasi surat menyurat, peralatan dan perlengkapan kantor, rumah tangga, dokumentasi dan informasi hukum, kearsipan dan perpustakaan;
    e. menyiapkan dan memproses pembayaran pajak-pajak kendaraan dinas di lingkungan Kecamatan;
    f. menyiapkan dan mengolah bahan penyusunan rencana kebutuhan pegawai;
    g. menyiapkan dan mengolah bahan usulan yang meliputi pengangkatan, kenaikan pangkat, perpindahan, pemberhentian, pensiun, kenaikan gaji berkala dan tunjangan;
    h. mengelola data dan dokumentasi kepegawaian;
    i. memproses permohonan cuti, dan mengusulkan permohonan kartu pegawai, kartu isteri/kartu suami, kartu tabungan asuransi pensiun, kartu asuransi kesehatan dan tabungan perumahan (BAPERTARUM);
    j. menyiapkan dan memproses Laporan Pajak-Pajak Pribadi (LP2P) pegawai.
    k. menyiapkan bahan usulan pemberian tanda penghargaan/tanda jasa dan sanksi;
    l. mengelola presensi atau daftar hadir pegawai;
    m. menyiapkan bahan penyusunan rencana anggaran dalam bentuk Rencana Kerja Anggaran (RKA) sesuai dengan rencana strategis dan rencana kerja Kantor;
    n. melaksanakan pengawasan laporan administrasi keuangan bendahara;
    o. menyiapkan bahan usulan perubahan anggaran;
    p. menyiapkan bahan perhitungan anggaran;
    q. melaksanakan administrasi pembukuan, pertanggungjawaban dan penyusunan laporan keuangan;
    r. mengawasi pembayaran gaji pegawai;
    s. melaksanakan penyusunan indikator dan pengukuran kinerja Sub Bagian;
    t. memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik;
    u. memberikan usul dan saran kepada atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas; v. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    w. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

C. KEPALA SEKSI TATA PEMERINTAHAN

  1.  Kepala Seksi Tata Pemerintahan mempunyai tugas membantu Camat dalam melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan dan pelayanan masyarakat lingkup Kecamatan.
  2. Rincian Tugas Kepala Seksi Tata Pemerintahan:
    a. menyusun dan melaksanakan rencana kerja Seksi berdasarkan rencana strategis dan rencana kerja Kantor.
    b. memberi petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
    c. mempelajari, menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis sesuai dengan bidang tugas;
    d. melaksanakan sistem pengendalian intern dalam pelaksanaan tugas agar berjalan efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    e. menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dalam pelaksanaan tugas;
    f. melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang tata pemerintahan;
    g. menyiapkan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;
    h. menyiapkan bahan dan pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi perencanaan dengan satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal di bidang penyelenggaraan kegiatan pemerintahan;
    i. melakukan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan;
    j. menyusun laporan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan;
    k. melakukan pembinaan dan pengawasan tertib administrasi pemerintahan desa dan/atau kelurahan;
    l. memberikan bimbingan, supervisi, fasilitasi, dan konsultasi pelaksanaan administrasi desa dan/atau kelurahan;
    m. melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap kepala desa dan/atau lurah;
    n. melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat desa dan/atau kelurahan;
    o. melakukan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan di tingkat Kecamatan;
    p. menyusun laporan pelaksanaan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan di tingkat Kecamatan;
    q. melakukan perencanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan;
    r. menyiapkan bahan dan pelaksanan percepatan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayahnya;
    s. melaksanakan pengumpulan data pelaksanaan standar pelayanan minimal lingkup Kecamatan;
    t. melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di Kecamatan;
    u. melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan;
    v. menyusun laporan pelaksanaan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan;
    w. melaksanakan penyusunan laporan pencapaian standar pelayanan minimal di wilayah Kecamatan;
    x. menyiapkan bahan pelaksanaan koordinasi penegasan batas wilayah desa dan kecamatan;
    y. melaksanakan fasilitasi penyelesaian/penanganan sengketa pertanahan antar penduduk di wilayah Kecamatan;
    z. melaksanakan pemeringkatan desa skala kecamatan; aa. melaksanakan penyusunan atau pemutakhiran data profil kecamatan; bb. fasilitasi dukungan pelaksanaan pemilihan umum, pemilihan presiden, pemilihan kepala daerah dan pemilihan kepala desa; cc. melaksanakan penyusunan indikator dan pengukuran kinerja seksi; dd. memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik; ee. memberikan usul dan saran kepada atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas; ff. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan gg. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat melalui Sekretaris Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

D. KEPALA SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA/KELURAHAN

  1. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan mempunyai tugas membantu Camat dalam melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat desa/kelurahan lingkup Kecamatan.
  2. Rincian Tugas Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan:
    a. menyusun dan melaksanakan rencana kerja Seksi berdasarkan rencana strategis dan rencana kerja Kantor;
    b. memberi petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
    c. mempelajari, menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis sesuai dengan bidang tugas;
    d. melaksanakan sistem pengendalian intern dalam pelaksanaan tugas agar berjalan efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    e. menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dalam pelaksanaan tugas;
    f. melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan;
    g. mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum musyawarah perencanaan pembangunan di desa/kelurahan dan kecamatan;
    h. melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap keseluruhan unit kerja baik pemerintah maupun swasta yang mempunyai program kerja dan kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja Kecamatan;
    i. melakukan evaluasi terhadap berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan baik yang dilakukan oleh unit kerja pemerintah maupun swasta;
    j. melakukan tugas-tugas lain di bidang pemberdayaan masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan;
    k. melaksanakan penyusunan laporan pelaksanaan tugas pemberdayaan masyarakat di wilayah kerja Kecamatan;
    l. melaksanakan penyusunan indikator dan pengukuran kinerja seksi;
    m. memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik;
    n. memberikan usul dan saran kepada atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas; o. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    p. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat melalui Sekretaris Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  3. E. KEPALA SEKSI KETENTERAMAN DAN KETERTIBAN UMUM
    1. Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas membantu Camat dalam melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan penegakkan peraturan perundang-undangan dan pengawasan dan pengendalian ketenteraman dan ketertiban umum lingkup Kecamatan.
    2. Rincian Tugas Kepala Seksi Ketenteraman dan Ketertiban Umum:
    a. menyusun dan melaksanakan rencana kerja Seksi berdasarkan rencana strategis dan rencana kerja Kantor;
    b. memberi petunjuk, arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
    c. mempelajari, menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis sesuai dengan bidang tugas;
    d. melaksanakan sistem pengendalian intern dalam pelaksanaan tugas agar berjalan efektif dan efisien sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    e. menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) dalam pelaksanaan tugas;
    f. melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang ketenteraman dan ketertiban umum;
    g. melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan penganalisian data yang berkaitan dengan ketenteraman dan ketertiban umum;
    h. melaksanakan penyiapan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau Tentara Nasional Indonesia mengenai program dan kegiatan penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan;
    i. melaksanakan fasilitasi dan/atau pembinaan dalam rangka menciptakan dan memelihara ketenteraman dan ketertiban umum di wilayah Kecamatan;
    j. melaksanakan penyusunan laporan pelaksanaan pembinaan ketenteraman dan ketertiban; k. menyiapkan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan peraturan perundang-undangan;
    l. menyiapkan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah yang tugas dan fungsinya di bidang penegakkan peraturan perundang-undangan dan/atau Kepolisian Negara Republik Indonesia;
    m. melaksanakan pembinaan, sosialisasi, penyuluhan dalam rangka penerapan dan penegakkan peraturan perundang- undangan di wilayah Kecamatan;
    n. menyusun laporan pelaksanaan penerapan dan penegakkan peraturan perundang-undangan di wilayah Kecamatan;
    o. menyiapkan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah dan/atau instansi vertikal yang tugas dan fungsinya di bidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
    p. menyiapkan bahan dan pelaksanaan koordinasi dengan pihak swasta dalam pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
    q. menyusun laporan pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum di wilayah Kecamatan;
    r. melaksanakan penyusunan indikator dan pengukuran kinerja Seksi;
    s. memeriksa dan menilai hasil kerja bawahan secara periodik;
    t. memberikan usul dan saran kepada atasan dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas; u. melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas; dan
    v. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat melalui Sekretaris Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.