PENCANANGAN BULAN BHAKTI IBI-KB-KESEHATAN KABUPATEN NIAS BARAT

MANDREHE – Pemerintah Kabupaten Nias Barat laksanakan Pencanangan Bulan Bhakti IBI-KB-Kesehatan Kabupaten Nias Barat. Dengan Tema: Optimalisasi Peran Bidan Dalam Pelayanan KIA-KB di Kabupaten Nias Barat.

Bertempat di Puskemas Mandrehe, Kamis (08/07/2021).

Dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Nias Barat, Wakil Bupati Nias Barat dalam hal ini diwakili Asisten I, Ketua dan Wakil Ketua TP. PKK Kab. Nias Barat, Kepala Dinas Kesehatan, Plt. Kepala Dinas PPKB, Ketua IBI Kab. Nias Barat, Camat Mandrehe, Ketua DWP Kab. Nias Barat, Kepala BPJS Kab. Nias Barat, Kepala Puskesmas Mandrehe dan para calon Akseptor KB.Dalam sambutannya, Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Barat Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu menyampaikan….

Pencanangan bulan bhakti IBI-KB-Kes merupakan kegiatan kerja sama antara Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) dan Dinas Kesehatan (Kes). Pelayanan KB dan Kesehatan merupakan salah satu agenda bagi TP. PKK untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan cita-cita PKK, sebagaimana tertuang dalam 10 Program Pokok PKK. Bulan Bhakti IBI-KB-Kes ini merupakan Program Nasional yang harus digalakkan.

PKK organisasi yang bergerak dalam meningkatkan kesejahteraan Keluarga. Dimana peran perempuan sangat diharapkan dalam mengisi pembangunan dan aktif di masyarakat sehingga bisa membantu menggalakkan Program strategis pemerintah dan membantu kesehatan masyarakat. Tim Penggerak PKK mitra kerja pemerintah dalam melaksanakan berbagai Program pembangunan dengan 10 Program pokoknya yang bertujuan untuk memberdayakan keluarga dan mencapai kesejahteraan keluarga. Dimana dalam mewujudkannya dilakukan melalui pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan Program KB serta pembangunan kesehatan nasional.

Pada kesempatan ini saya menghimbau ketua TP. PKK Kecamatan untuk lebih meningkatkan kepedulian dan peran sertanya dalam memberdayakan keluarga melalui Program KB dan pembangunan kesehatan sebagai wawasan untuk membangun keluarga kecil yang sehat dan berkualitas.

Pada sambutan Wakil Bupati Nias Barat, oleh Asisten I Drs. Darman Gulo menyampaikan….

Sebagai salah satu upaya yang perlu dilakukan leh pemerintah dalam menekan laju pertumbuhan penduduk adalah melakukan Program Keluarga Berencana (KB) yang salah satu kegiatannya adalah Pencanangan IB-KB-Kes yang merupakan kerjasama antara Dinas PPKB dengan para Bidan dan Dinas Kesehatan di Kabupaten Nias Barat. Pencanangan IB-KB-Kes bertujuan untuk meningkatkan pelayanan KB dan peningkatan kesehatan serta mengurangi angka kematian ibu dalam melahirkan dan juga kematian bayi. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Nias Barat berharap agar para Bidan lebih proaktif lagi dalam menigkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat baik dalam pelayanan kesehatan maupun dalam pelayanan KB, dan kepada para PLKB agar lebih giat memberikan penyuluhan KB dan menggarap Akseptor KB baru sehingga laju pertumbuhan penduduk dapat dikendalikan.

Keberadaan Program KB saat ini tidak hanya untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk tetapi yang terpenting adalah upaya meningkatkan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan iuga bayi serta menyangkut kualitas generasi penerus bangsa karna berdasarkan penelitian bahwa kematian seorang ibu sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan dan kehidupan anak-anaknya kedepan.

Anda mungkin juga berminat Lagi daripada pengarang

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.