PERINGATAN HUT PGRI KE-70 TAHUN 2015 PEMERINTAH KABUPATEN NIAS BARAT

Pelaksanaan upacara untuk memperingati HUT PGRI Ke-70 Tahun 2015 Pemerintah Kabupaten Nias Barat hari ini (25/11) dilaksanakan di lapangan kantor Bupati Nias Barat.

Dalam sejarah singkat Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Wakil Bupati Nias Barat, Hermit Hia, S.Ip menyampaikan bahwa semangat kebangsaan Indonesia telah lama tumbuh di kalangan guru-guru bangsa Indonesia. Organisasi guru-guru pribumi pada zaman Belanda berdiri pada tahun 1912 dengan nama Persatuan  Guru Hindia Belanda (PGHB).

Pada tahun 1932 nama persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Setelah diproklamirkannnya kemerdekaan Republik Indonesia, pada tanggal 24-25 November 1945 di Surakarta dilaksanakan Konggres Guru dengan tujuan mempertahankan dan menyempurnakan Republik Indonesia, mempertinggi tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasar-dasar kerakyatan, dan membela hak dan  nasib buruh umumnya, guru pada khususnya.

Dengan jiwa pengabdian, tekad perjuangan, dan semangat persatuan dan kesatuan PGRI, sebagai penghormatan kepada guru maka Pemerintah Republik Indonesia menetapkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 bahwa pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Selanjutnya, Wakil Bupati Nias Barat membacakan sambutan Ketua Umum Pengurus Besar PGRI, yaitu Dr. H. Sulistiyo, M.Pd.

Dalam sambutannya dikatakan bahwa penetapan Hari Guru Nasional (HGN) adalah sebuah pengakuan bahwa sejarah perjuangan PGRI merupakan perjuangan sistematis dan kompherensif bagi seluruh guru. Hal ini semakin diperkuat dengan ditetapkannya UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Adapun tema peringatan ini yaitu, memantapkan soliditas dan solidaritas PGRI sebagai organisasi profesi guru yang kuat dan bermartabat.

Pada peringatan HUT PGRI ke-70 di Kabupaten Nias Barat hari ini dilakukan penyerahan piala kepada guru yang berprestasi di Kabupaten Nias Barat. Humas.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.