RAPAT KERJA SAMA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PEMERINTAH KABUPATEN NIAS BARAT DENGAN UNIVERSITAS BUDI LUHUR

LAHOMI – Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era-Era Hia, MM., M.Si., buka Rapat Kerja Sama Penelitian Dan Pengembangan Pemerintah Kabupaten Nias Barat Dengan Universitas Budi Luhur.

Bertempat di Ruang Afo – Bappeda, Onolimbu, Kamis (03/06/2021).

Dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah dan Tim Peneliti Universitas Budi Luhur dari Jakarta Selatan.Adapun maksud dan tujuan kerjasama, yaitu:

  • Maksud kerja sama penelitian dan pengembangan adalah meningkatkan peran penelitian, pengembangan, pengkajian dan perekayasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menghasilkan inovasi-inovasi dalam perencanaan pembangunan daerah;
  • Tujuan kerja sama adalah menghasilkan dokumen kajian ilmiah melalui penelitian dan rekomendasi pengembangan pengelolaan pariwisata, pemasaran produk pertanian dan perkebunan, perekayasaan teknologi dan inovasi daerah.

Dalam arahan dan bimbingannya, Wakil Bupati menyampaikan….

Kami mengucapkan selamat datang kepada Tim Peneliti dari Universitas Budi Luhur yang telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat untuk melakukan penelitian dan pengembangan di bidang pariwisata, pertanian, perkebunan dan pangan serta bidang teknologi dan inovasi.

Sebagaimana kita ketahui begitu banyak potensi alam di Kabupaten Nias Barat dan salah satunya adalah sektor pariwisata. Seiring berkembangnya  pariwisata di Kabupaten Nias Barat, saat ini sektor pariwisata masih belum memberikan dampak yang optimal. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya jumlah kunjungan wisatawan menuju objek wisata di Kabupaten Nias Barat yang dikarenakan kurangnya promosi terhadap destinasi wisata tersebut, infrastruktur yang kurang memadai serta kurangnya fasilitas, sarana dan prasarana menuju objek wisata di Kabupaten Nias Barat. Hal ini menjadi dasar bagi perbaikan dan pengembangan pariwisata karena potensi keindahan alam di Kabupaten Nias Barat tidak kalah jauh dengan objek wisata di pulau-pulau lain yang ada di Indonesia.

Begitu halnya potensi alam di bidang pertanian, Kabupaten Nias Barat merupakan daerah yang memiliki sektor unggulan di bidang pertanian. Dalam hal pemanfaatan potensi sumber daya alam di sektor pertanian, saat ini hasil produksi pertanian masih dalam tahap penjualan bahan baku mentah yang mengakibatkan re:ndahnya pendapatan masyarakat petani di Kabupaten Nias Barat sehingga tingkat produksi dan produktivitasnya relatif masih rendah dan belum bisa mencapai hasil yang maksimal.

Pada umumnya masyarakat di Kabupaten Nias Barat menggemari kegiatan budidaya peternakan baik itu ternak besar/kecil maupun ternak unggas. Jenis budidaya yang dominan adalah ternak hewan babi dan ayam buras. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan sampingan setelah bercocok tanam perkebunan yang dilakukan oleh petani di kawasan masing-masing rumah penduduk.

Dalam bidang pengembangan tekhnologi dan inovasi di Kabupaten Nias Barat, kami mengrarapkan master plan teknologi informasi yang akan dibuat dapat meningkatkan serta mengembangkan inovasi di Kabupaten Nias Barat, mendorong kerjasama antar masyarakat, pengguna teknologi dan perguruan tinggi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan mendistribusikan teknologi, serta mempercepat pertumbuhan inovasi dan pembangunan ilmu pengetahuan teknologi di masa yang akan datang bagi Kabupaten Nias Barat.

Dari semua potensi ini, kendala yang dihadapi saat ini adalah:

  • Kurangnya sumber daya manusia yang berkompeten;
  • Kurangnya sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat; serta
  • Pemanfaatan potensi alam hanya sampai di tahap penjualan bahan baku sehingga kurangnya pengetahuan dalam pengolahan pengemasan sampai pada pemasaran hasil produksi potensi sumber daya alam tersebut.

Dengan adanya kerja sama Pemerintah Kabupaten Nias Barat dengan Universitas Budi Luhur, potensi-potensi yang telah kami uraikan di atas diharapkan dapat berkembang sehingga berpengaruh terhadap peningkatan PAD dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Nias Barat.

Melalui kerjasama ini, diharapkan Bapak dan Ibu peneliti dapat melakukan penelitian yang objektif sehingga menghasilkan dokumen yang berkualitas dan memuat rencana-rencana strategis yang bisa diwujudkan dalam bentuk program dan kegiatan untuk pembangunan di bidang pariwisata, pertanian, perkebunan dan pangan serta bidang teknologi dan inovasi di Pemerinatahan Daerah Kabupaten Nias Barat.

Pemerintah Kahupaten Nias Barat dalam hal ini akan mendukung penuh kegiatan yang akan dilaksanakan di lapangan dan kami menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Nias Barat supaya dapat bekerjasama dengan saudara-saudara kita Tim Peneliti dari Universitas Budi Luhur sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan selama melakukan penelitian.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.