RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN NOTA PENGANTAR KUA PPAS-APBD KABUPATEN NIAS BARAT TAHUN ANGGARAN 2016

Bupati Nias Barat, A.Aroziduhu Gulo, SH.,MH hari ini (03 Agustus 2015) menyampaikan Nota Pengantar Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) Daerah Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2016 di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Nias Barat.

Rapat paripurna dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Nias Barat, Ir. Nitema Gulo, M.Si, Wakil Ketua DPRD, Oneyus Halawa, SE dan segenap anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Wakil Bupati Nias Barat, Hermit Hia, S.Ip dan seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Pada pidato nota pengantar, Bupati Nias Barat menyampaikan bahwa kebijakan umum APBD merupakan dokumen kebijakan daerah dalam satu tahun anggaran yang sesuai ketentuan yang dibahas, disepakati bersama pemerintah daerah dan DPRD sebagai pedoman penyusunan APBD.

Selanjutnya, Bupati Nias Barat menyampaikan secara singkat dasar penyusunan dokumen KUA-PPAS yang tidak terlepas dari kondisi ekonomi dan keuangan nasional.

Pertumbuhan ekonomi Nias Barat pada tahun 2013 mencapai 5,81 persen, meningkat dibandingkan dengan Tahun 2012 mencapai 4,93 persen, selanjutnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Nias Barat atas dasar harga berlaku Tahun 2013 mencapai 844.573,17 dan PDRB atas dasar harga konstan mencapai 301.197,34 dimana sektor pertanian yang masih merupakan sektor yang paling dominan memberikan kontribusi terhadap PDRB Kabupaten Nias Barat sebesar 74,63 persen.

Sesuai dengan tema Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2016, yaitu : Mempercepat pembangunan infrastruktur untuk meletakkan pondasi pembangunan yang berkualitas, ada sembilan bidang yang menjadi isu-isu strategi yang harus diperhatikan antara lain : bidang pengarusutamaan dan pembangunan lintas bidang, bidang sosial budaya dan kehidupan beragama, bidang pembangunan ekonomi, bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bidang politik, bidang pertahanan keamanan, bidang hukum dan aparatur, bidang wilayah dan tata ruang dan bidang sarana dan prasarana.

Mencermati asumsi-asumsi ekonomi makro APBN 2016 serta sasaran yang harus dicapai pada tahun 2016, maka Pemerintah Kabupaten Nias Barat mengutamakan program kegiatan yang terkait dengan peningkatan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, peningkatan pertumbuhan ekonomi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam baik pertanian, pariwisata, perikanan dan kelautan, UMKM dan potensi lainnya.

Bupati Nias Barat juga mengatakan bahwa ada beberapa program dan kegiatan pokok yang direncanakan penganggarannya pada tahun 2016, antara lain, dibidang infrastruktur yaitu penuntasan pembangunan jalan lingkar timur dalam ibukota Kabupaten Nias Barat, penuntasan pembangunan jalan lingkar barat dalam ibukota Kabupaten Nias Barat, penuntasan embangunan jalan dari Bukit Sion menuju Daso Ge’e menuju Fadoro Dhi melalui pendopo Bupati.

Dibidang pengairan yaitu pengendalian sungai di wilayah Kabupaten Nias Barat dan selanjutnya di bidang ekonomi yaitu pembangunan infrastruktur di bidang pertanian, perikanan, kelautan dan pariwisata.

Bupati mengharapkan agar kegiatan perencanaannya ditampung pada perubahan APBD Tahun Anggaran 2015 sehingga pada awal Tahun 2016 kegiatan tersebut sudah dilaksanakan. Humas.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.