Sejumlah Kalangan Apresiasi Opini WTP yang Diraih Pemkab Nias Barat

Firman Jaya Daeli, SH tokoh nasional asal Nias Barat, Ketua Puspolkam dan Politisi senior PDIP

Lahomi (16/5/2022), Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (LHP-BPK) Perwakilan Sumatera Utara atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2021 yang mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), mendapat sambutan dan apresiasi sejumlah kalangan masyarakat Nias Barat.

Sambutan dan apresiasi positif tersebut bukan tanpa alasan, tetapi karena WTP tersebut baru diraih oleh Pemkab Nias Barat setelah 13 tahun menjadi Kabupaten di bawah kepemimpinan Khenoki-Era Era sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

Sebelumnya, opini tertinggi atas LKPD yang pernah  didapatkan oleh Pemkab Nias Barat hanyalah opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) sebanyak 3 kali, yaitu pada LKPD 2015, 2019 dan 2020, selebihnya Nias Barat mendapatkan opini Disclimer dari BPK.

Firman Jaya Daeli, SH., Ketua Dewan Pembina Pusat Studi Politik dan Keamanan (Puspolkam) Indonesia dan juga Politisi Senior PDIP, berpendapat bahwa opini WTP yang diraih oleh Pemkab Nias Barat merupakan  sebuah prestasi dan bukti keberhasilan pemerintahan Khenoki-Era Era.

“WTP yang diraih Pemkab Nias Barat menunjukan banyak hal yang bersifat positif dan mengandung nilai keberhasilan dan kesuksesan kinerja Pemerintah Kabupaten Nias Barat di bawah kepemimpinan Bupati Khenoki Waruwu dan Wakil Bupati Era Era Hia yang telah meletakan dasar-dasar baru dan strategis di bidang pengelolaan keuangan yang transparan, bersih dan akuntabel” ujar Firman Jaya Daeli.

Selanjutnya, menurut Firman, opini WTP itu merupakan legitimasi kemampuan Bupati Khenoki Waruwu dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Walaupun Khenoki Waruwu hanya tamatan SMA, tetapi pemikiran dan terobosannya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat mendapatkan legitimasi dari lembaga negara dan tak diragukan lagi. Hal itu terbukti hanya dalam tempo setahun memimpin mampu mendapatkan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diberikan oleh BPK RI Perwakilan Sumatera Utara”, lanjut Firman Daeli.

Fahakhododo Maruhawa, SE., M.M, Ketua Umum PMNBI |dok.facebook pribadi Faan Maruhawa

Semantara itu, Faahakhododo Maruhawa, tokoh masyarakat Nias Barat yang berdomisili di Jakarta sekaligus sebagai Ketua Umum Persatuan Masyarakat Nias Barat Indonesia (PMNBI), mengucapkan selamat dan mengapresiasi capaian WTP yang baru saja didapatkan oleh Pemkab Nias Barat.

“Selamat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat yang mendapatkan Opini WTP pada tahun ini. Opini WTP merupakan  hasil terbaik atas penilaian laporan keuangan instansi atau pemerintah. Semoga Pemerintah Nias Barat ke depan bisa mempertahankan penilaian ini dan menjadi penambah semangat untuk memajukan Nias Barat”, ujar Maruhawa.

WTP ini, lanjutnya, merupakan salah satu indikator bahwa kepemimpinan Bupati Khenoki Waruwu dan Wakil Bupati Era Era Hia sudah menunjukan keseriusan utk memajukan Nias Barat.

Sebelumnya, Drs. Evolut Zebua, Ketua DPRD Nias Barat yang hadir bersama Bupati pada saat menerima LHP-BPK RI di Medan menyampaikan bahwa opini WTP yang diperoleh Nias Barat merupakan hal yang istimewa karena baru didapatkan setelah 13 tahun Nias Barat menjadi Kabupaten di bawah kepemimpinan Khenoki Waruwu sebagai Bupati Nias Barat.

“Opini WTP ini adalah prestasi yang luar biasa karena baru kali ini diraih di bawah kepemimpinan Bupati Khenoki Waruwu. Ini memang tidak terlepas dari ketegasan kepemimpinan Bupati untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK dan juga kerjasama semua pihak termasuk lembaga DPRD untuk mengawasi setiap proses perencanaan dan pelaporan yang berisi rekomendasi DPRD”, ujar Evolut Zebua melalui pesan singkat kepada Tim Media Center Nias Barat.

Apresiasi serupa juga disampaikan oleh Faduhusi Daely, S.Pd., M.A., M.M, Bupati Nias Barat Periode 2016-2021, bahkan menurut Faduhusi, kepemimpinan Khenoki Waruwu mesti dilanjutkan pada periode berikutnya.

“Selamat dan Sukses kepada Pemkab Nias Barat atas opini WTP terhadap LKPD Nias Barat TA. 2021. Dengan prestasi ini, kepemimpinan Khenoki-Era Era pantas dan wajib dilanjutkan pada periode ke-2 agar pembangunan dapat berkelanjutan”, tulis Faduhusi Daely melalui WA Group Soguna ba Zato.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.