Sekda Nias Barat membuka secara Resmi Seleksi Calon Paskibraka Nias Barat 2023

Lahomi (17/3/2023), Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat Sozisokhi Hia, MM membuka secara resmi pelaksanaan Seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Nias Barat pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT KEMRI) ke-78 Tahun 2023 di Aula Soguna ba Zato, Kamis (16/03/2023).

Sekretaris Daerah dalam arahannya mengatakan, seleksi Calon Anggota Paskibraka adalah kegiatan nasional yang rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai persiapan menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Tetapi seleksi Paskibraka Kabupaten Nias Barat tahun 2023 ini sangat berbeda dengan tahapan dan pelaksanaan seleksi sebelumnya.

“Dimana pada tahun sebelumnya dilakukan dengan manual, sedangkan tahun ini pelaksanaan rekrutmen dan seleksi dilakukan secara online. Mulai tahapan dari pendaftaran hingga hasil seleksi masing masing peserta,” kata Sekda Nias Barat

Lebih lanjut Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat mengatakan bahwa Paskibraka merupakan program yang akan melahirkan kader-kader calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila, sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka.

“Hal ini menunjukkan bahwa tidak hanya sebatas mampu menaikkan bendera saja, melainkan pembinaan kepemimpinan, keterampilan dan kedisplinan yang menjunjung tinggi nilai kebangsaan, cinta tanah air, persatuan dan kesatuan serta peningkatan wawasan kebangsaan, selain itu membentuk generasi penerus pejuang bangsa dengan jiwa dan semangat Pancasila, Patriotisme dan Nasionalisme,” kata Sozisokhi Hia dalam arahannya

Sekda mengharapkan agar pelaksanaan seleksi Calon Paskibraka dilaksanakan secara bersih dan transparan tanpa memandang status sosial. Demikian pula pelaksanaan latihan harus dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan mengutamakan pelayanan yang maksimal.

“Saya yakin, pelaksaanan seleksi dan latihan ini akan menghasilkan calon anggota Paskibraka yang berdedikasi tinggi dan mampu melaksanakan tugas nantinya untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan baik,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias Barat Balasia Gulo menjelaskan bahwa Calon Anggota Paskibraka yang telah mendaftar secara online dan memenuhi syarat sebanyak 102 orang, sementara yang terpilih sebagai Anggota Paskibraka nantinya hanya 36 orang yakni 17 Putri dan 19 Putra.

Seleksi yang dilaksanakan pada hari ini adalah seleksi Parade setelah peserta lulus berkas atau administrasi yang didaftarkan secara online oleh masing-masing peserta. Seleksi Parade dilaksanakan untuk menyeleksi tubuh ideal para calon paskibraka, mulai postur, tinggi badan, dan berat badan, termasuk posisi kaki O dan X yang tidak melebihi 5 cm.

Tim seleksi Paskibraka Kabupaten terdiri dari unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI), unsur akademisi dalam hal ini rektor STT AM, unsur dari keagamaan (FKUB) dan dari ASN termasuk di dalamnya Tenaga Medis Purna Paskibraka.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.